Artikel
07/12/2012

Franchise ELTI Gramedia

www.bisniskeuangan.kompas.com
Dibandingkan negara tetangga, kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia masih tertinggal. Itulah salah satu alasan mengapa bisnis kursus bahasa Inggris akan terus menjadi primadona investasi waralaba yang menguntungkan.

Jakarta, 9 Juni 2011 – Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa dunia. Tapi sayang, masyarakat Indonesia masih sering salah dalam penggunaannya. Kita pasti sering mendengar orang mengatakan boring untuk mengungkapkan perasaan bosan. Padahal, arti yang sebenarnya adalah membosankan.

Belum lagi penggunaannya yang sering campur aduk untuk bahasa pergaulan. Akibatnya, saat dihadapkan dengan masyarakat global, orang Indonesia sering kelabakan. Masih ingat kasus Miss Indonesia yang mengatakan: Indonesia is a very beautiful city?

Untuk menjawab kebutuhan berbahasa Inggris yang baik, benar, dan akurat, pada hari ini di Ruang Betawi 2, Hotel Santika, Jakarta, berlangsung peluncuran franchise ELTI GRAMEDIA (ELTI). ELTI adalah lembaga pendidikan bahasa Inggris yang telah berusia lebih dari 20 tahun. Hingga kini, siswa ELTI telah mencapai ratusan ribu dan tersebar di seluruh Indonesia. 

“Hari ini, kami resmi menawarkan kesempatan untuk berbisnis pendidikan bahasa Inggris dengan sistem franchise. Berbasis pengalaman lebih dari 20 tahun dengan sistem pendidikan yang telah teruji, serta dukungan dari perusahaan besar Grup Gramedia, membuat ELTI adalah pilihan franchise yang pasti menguntungkan,” sebut Jerry Udampo, Franchise Director ELTI Gramedia. “Didasari semua kelebihan itu, dengan biaya franchise fee Rp200 jutaan, diperkirakan modal akan kembali pada tahun ketiga.”

Selama ini, menurut Jerry, kursus bahasa Inggris adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Sebab, bahasa Inggris telah digunakan sebagai bahasa “resmi” untuk hampir semua informasi, terutama yang ada di dunia maya atau yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Sebuah penelitian yang diungkap David Graddol dalam kajiannya: The Future of English, The British Council: London, 1997, menyebut bahwa ada 1,5 miliar penduduk dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Dan, setidaknya ada 1 miliar lebih yang mempelajari bahasa internasional ini. Karena itu, kebutuhan untuk bisa berbahasa Inggris adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi saat ini. 

Tentu, bila memulai dari nol, tantangan menjalankan bisnis bahasa Inggris sangat berat. Karena itu, ELTI Gramedia menawarkan peluang kerja sama dengan pola franchise bagi siapa pun yang ingin berinvestasi di bisnis ini. Dukungan sistem pengajaran yang telah teruji puluhan tahun, pola kerja manajerial dan operasional yang di-back up oleh perusahaan ternama, adalah beberapa alasan mengapa ELTI Gramedia layak dijadikan “sumber” investasi yang pasti menguntungkan. “Kami mengembangkan pendidikan bahasa Inggris non formal yang menyenangkan dengan berbasis semua aspek, dari listening, reading, writing, dan speaking.

Hal tersebut diperkuat dengan sistem pengajaran yang dikembangkan dari English Language Training Banbury, Oxford, Inggris serta dipadukan dengan pengetahuan lokal yang selalu up to date. Karena itu, siswa ELTI bukan hanya akan diajarkan berbahasa yang baik dan benar, tapi juga akurat, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan dirinya dalam pergaulan dunia internasional,” terang Evelina Kusumawardhani, Direktur Akademik ELTI.  

Acara launching tersebut juga dibarengi dengan bincang bisnis dan investasi yang mendatangkan perencana keuangan dan investasi, Mike Rini, dari MRE Financial & Business Advisory. Dalam kesempatan tersebut, Mike Rini mengungkapkan bahwa franchise adalah pilihan tepat bisnis yang menguntungkan.

“Segala kerepotan membangun usaha di awal yang sering kali membuat gentar para entrepreneur pemula yang minim pengalaman, menjadi lebih mudah dengan adanya franchise. Di mana franchise memberikan sebuah kesempatan untuk menjalankan usaha dengan merek dan sistem usaha yang sudah teruji. Sehingga walaupun tidak ada jaminan 100% keberhasilan, namun risiko kegagalan membangun usaha dapat diminimalisir.

Entrepreneur dapat lebih percaya diri dalam menjalankan usahanya, berkat dukungan manajemen (franchisor) yang berpengalaman. Karena itu untuk para investor yang ingin mengembangkan diri menjadi entrepreneur, maka bisnis dengan sistem franchise cocok menjadi salah satu pilihan dalam berinvestasi.”

Hal tersebut diperkuat oleh studi dari US Small Business Administration dari tahun 1978 hingga 1998, yang menemukan fakta bahwa 62% bisnis yang dikembangkan tanpa sistem franchise mengalami kebangkrutan. Sedangkan menurut US Department of Commerce menyebut, yang dikelola dengan sistem frachise hanya 5%. 

Dengan kemitraan yang makin meluas, selain mendatangkan keuntungan pada para investor, hadirnya franchise ELTI di berbagai daerah, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia dan menjadikannya bahasa kedua, sehingga mampu bersaing di dunia internasional. 

 
10 Alasan Menjadi Mitra ELTI – GRAMEDIA:
1. Return on Investment yang menguntungkan 
2. Dukungan Manajemen Kompas Gramedia
3. Pengalaman lebih dari 20 tahun
4. Jumlah siswa ratusan ribu lebih
5. Telah mendapat penghargaan sebagai salah satu lembaga kursus
    Bahasa Inggris terbaik versi DIKNAS 
6. Standar pengajaran Internasional dan disesuaikan dengan muatan lokal
7. Standar kualitas pengajar terbaik
8. Kurikulum pengajaran yang telah diuji
9. Metode belajar yang menyenangkan
10.Data siswa yang terhubung secara online disemua cabang
 
KUESIONER FRANCHISE 
I.  Informasi Pribadi Franchisee
    Nama            :
    Alamat email  :
    Kota              : 
    Propinsi :
    Kode pos :
    Telpon :
Waktu yang tepat  untuk menghubungi  antara  jam…………………s/d……………………………
 
II.  Rencana Investasi Investor
     Lokasi yang diusulkan :
     Luas (m2) :
     Pesaing yang ada :
     Target mulai operasional :
     Pertanyaan/komentar      :

ENGLISH LANGUAGE TRAINING INTERNATIONAL (ELTI – GRAMEDIA)
Head Office
Komp Wijaya Grand Center Blok F 83-84 A&B
Jl. Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Telp. (021) 7206653, Faks. (021) 7206654
 
Training Center
Jl. Sabirin 6, Kotabaru Yogyakarta 55224
Telp. (0274) 561849, Faks. (0274) 561275
 
Contact Persons:
Jerry Udampo (0811-189804)
Aryo Budi (0812-2730743)
 
Ditulis oleh : Tim Franchise   Telah dibaca : 10604
Copyright © 2013. ELTI Gramedia. All Rights Reserved.